Wednesday, October 10, 2012

Resume - Pola Kegiatan Perekonomian

POLA KEGIATAN PEREKONOMIAN

  • SISTEM EKONOMI : ekonomi pasar, ekonomi campuran, ekonomi perencanaan pusat. Ekonomi pasar adl perekonomian yang kegiatannya dikendalikan sepenuhnya oleh interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Ekonomi campuran adl sistem ekonomi pasar yang disertai campur tangan pemerintah. Ekonomi perencanaan pusat adl sistem ekonomi yang kegiatannya diatur sepenuhnya oleh pemerintah.

  • UANG, PERDAGANGAN DAN SPESIALISASI : [!] Produksi dan Perdagangan dalam Perekonomian Subsisten a.l. Produksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Sendiri, Perdagangan Barter, Pola Perdagangan Perekonomian Subsisten. [!!] Pola Kegiatan Ekonomi Dalam Perekonomian Uang a.l. Ciri- Ciri Perekonomian Uang, Spesialisasi Perdagangan

  • Kebaikan Spesialisasi : Mempertinggi efisiensi penggunaan faktor produksi, Mempertinggi efisiensi memproduksi, Mendorong Perkembangan Teknologi.

  • PELAKU KEGIATAN EKONOMI : [!] Rumah Tangga adl pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. [!!] Perusahaan adl organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. [!!!] Pemerintah adl badan pemerintahan yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi


  • SIRKULASI ALIRAN PENDAPATAN : [!] Jenis- Jenis Aliran Yang Wujud [!!] Sirkulasi Aliran Pendapatan dan Ekonomi Pasar [!!!] Pasar Barang dan Pasar Faktor [!!!!] Interaksi antara Sektor Rumah Tangga dan Perusahaan.

  • MEKANISME PASAR: SUATU PENILAIAN AWAL : Kebaikan a.l. Pasar Dapat Memberi Informasi yang Lebih Tepat, Pasar Memberi Perangsang untuk Mengembangkan Kegiatan Usaha, Pasar Memberi Perangsang untuk Memperoleh Keahlian Modern, Pasar Menggalakkan Penggunaan Barang dan Faktor Produksi Secara Efisien, Pasar Memberikan Kebebasan yang Tinggi kepada Masyarakat Untuk Melakukan Kegiatan Ekonomi. Kelemahan a.l. Kebebasan yang Tidak Terbatas Menindas Golongan- golongan Tertentu, Kegiatan Ekonomi Sangat Tidak Stabil Keadaannya, Sistem Psar Dapat Menimbulkan Monopoli, Mekanisme Pasar Tidak Dapat Menyediakan Beberapa Jenis Barang Secara Efisien, Kegiatan Konsumen dan Produsen Mungkin Menimbulkan “Eksternalitas” yang Merugikan.

  • KEGAGALAN PASAR DAN CAMPUR TANGAN PEMERINTAH. Kegagalan pasar adl ketidakmampuan dari suatu perekonomian pasar untuk berfungsi secara efisien dan menimbulkan keteguhan dalam kegiatan dan pertumbuhan ekonomi. [!] Tujuan Campur Tangan Pemerintah [!!] Bentuk- Bentuk Campur Tangan Pemerintah a.l. Membuat Peraturan- peraturan, Menjalankan Kebijakan Fiskal dan Moneter, Melakukan Kegiatan Ekonomi Secara Langsung.


Nama : SITI SARIFAH
NPM : 12-0102-0020

3 comments:

Silakan tinggalkan komentar anda ! Jangan pura-pura buta !