Friday, October 19, 2012

Resume - Bidang Studi Ilmu Ekonomi


BIDANG STUDI ILMU EKONOMI

Ilmu Ekonomi berkembang sejak tahun 1776 setelah Adam Smith (Bapak Ilmu Ekonomi ) menerbitkan buku berjudul “An Inguiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.”
Analisis utama dalam ilmu ekonomi dibedakan menjadi dua bentuk yaitu Teori mikroekonomi & Teori makroekonomi

Masalah Eknomi dan Kebutuhan Untuk Membuat Pilihan
Persoalan ekonomi yaitu persoalan yang menghendaki seseorang atau perusahaan membuat keputusan terbaik untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan individu atau perusahaan untuk memproduksi dan / mengkonsumsi barang dan / jasa.

Masalah Pokok Perekonomian
Masalah Kelangkaan : Kelangkaan terjadi akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan masyarakat ( keinginan masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa ) dengan Faktor- faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat.
Keinginan masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa dibedakan menjadi dua :
1. Keinginan disertai kemampuan membeli ( permintaan efektif )
2. Keinginan tidak disertai kemampuan membeli 

Jenis – jenis Barang
· Barang Ekonomi ( memerlukan usaha untuk memperolehnya ) Dibedakan menjadi dua : Barang Konsumsi & Barang Modal. Dapat dibedakan lagi menjadi Barang Akhir & Barang Setengah Jadi
· Barang Cuma- Cuma ( dapat diperoleh tanpa memerlukan usaha )
Teori Ekonomi Terdapat Dua Cara Penggolongan
1. Berdasarkan kepentingan barang dalam kehidupan manusia : barang Inferior ( ubi kayu, ikan asin ), barang Esensial ( beras, gula ), barang Normal ( baju, buku ), barang Mewah ( permata, pesawat terbang )
2. Berdasarkan cara penggunaan barang oleh masyarakat : barang Pribadi ( makanan, pakaian ), barang Publik ( mercu suar, jalan raya )
Faktor- Faktor Produksi
Adalah benda yang disediakan oleh alam / diciptakan manusia digunakan untuk memproduksi barang dan / jasa. Faktor- faktor produksi :
1. Tanah dan Sumber Daya Alam
2. Tenaga Kerja ( t.k Kasar, t.k Terampil,t.k Terdidik )
3. Modal
4. Keahlian berwirausaha
Ilmu Ekonomi adalah studi mengenai individu- individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi, sekarang dan masa datang, kepada berbagai golongan individu dan masyarakat.

Jenis- Jenis Analisis Ekonomi
· Ekonomi Deskriptif : analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan sebenarnya wujud dalam perekonomian.
· Teori ekonomi : pandangan- pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi, dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan.
· Teori Terapan ( kebijakan ekonomi ) : cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah- masalah ekonomi.

Tujuan yang ingin dicapai dalam perekonomian :
· Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat
· Menciptakan kestabilan harga
· Mengatasi masalah pengangguran
· Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata

Sifat- Sifat Teori Ekonomi
· Variabel- Variabel ( faktor- faktor saling berkaitan satu sama lain ).
· Asumsi ( pemisahan- pemisahan ). Teori membuat penyederhanaan atas kejadian yang sebenarnya dalam masyarakat dengan membuat pemisalan ( latin : Ceteris Paribus “hal- hal lain tidak mengalami perubahan ).
· Hipotesis ( tentang bagaimana variabel berkaitan satu sama lain ). Dibedakan menjadi dua golongan yaitu Hubungan Langsung ( variabel bergerah kearah bersamaan ) & Hubungan Terbalik ( nilai variabel berubah kearah bertentangan ). Hipotesis merupakan hubungan fungsional yaitu ia menyatakan sifat hubungan diantara variabel- variabel.
· Membuat Ramalan, menerangkan mengapa peristiwa- peristiwa tertentu berlaku dan penyebabnya. Teori ekonomi juga dapat meramalkan keadaan yang akan berlaku, dapat digunakan sebagai landasan dalam merumuskan langkah untuk memperbaiki keadaan perekonomian.

Alat- Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi
Grafik dan kurfa ( dalam teori ekonomi ), matematika dan persamaan matematika ( dalam teori yang lebih mendalam “advances” ), analisis ( untuk mengumpulkan fakta dan menguji kebenaran teori ekonomi ).

Peranan grafik dalam Ilmu Ekonomi
Adalah memberi penerangan yang lebih luas mengenai teori ekonomi. Sifat- sifat grafik, mempunyai dua sumbu ( sumbu datar 'horisontal' & sumbu tegak 'tegak lurus dengan horisontal' ). 



Nama : SITI SARIFAH
NIM : 12-0102-0020

 

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda ! Jangan pura-pura buta !