Tuesday, October 16, 2012

Resume - Masalah Ekonomi dan Sistem Pengaturan Ekonomi

Masalah Ekonomi dan Sistem Pengaturan Perekonomian

Masalah ekonomi timbul sebagai akibat dari ketidakseimbangan di antara keinginan manusia untuk mendapat barang dan jasa dengan kemampuan faktor- faktor produksi menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi keinginan tersebut.

BEBERAPA MASALAH POKOK DALAM PEREKONOMIAN : [!] Menentukan barang dan jasa yang harus diproduksi. [!!] Menentukan cara barang diproduksi. [!!!] Menentukan untuk siapa barang- barang diproduksi.

BATAS KEMUNGKINAN PRODUKSI/ kurva kemungkinan produksi (Production Possibilities Frontier) adl produksi yang dapat diciptakan masyarakat pada suatu periode tertentu apabila faktor- faktor produksi sepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah.
Menunjukkan batas maksimum dari tingkat produksi yang dapat dicapai oleh suatu masyarakat dengan menggunakan seluruh faktor- faktor produksi yang dimiliki.

- Batas kemungkinan produksi dalam angka. [!] Beberapa pemisalan yang digunakan [!!] Tingkat produksi yang dapat dicapai.
- Kurva kemungkinan produksi. [!] Membentuk kurva kemungkinan produksi [!] Biaya kesempatan (Opportunity Cost) adl jumlah ( kuantitas suatu barang yang harus dikurangi produksinya untuk meningkatkan produksi satu unit barang lain (dalam konteks analisis kurva kemungkinan produksi).
- Pengangguran, Penghamburan dan Keadaan yang “tidak tercapai”. [!] Pengangguran [!!] Penghamburan [!!!] Tingkat produksi yang tidak tercapai.
- Pertumbuhan Ekonomi. [!] pertambahan dalam faktor- faktor produksi. [!!] Kemajuan Teknologi adl perkembangan teknik memproduksi dan cara- cara memproduksi, perbaikan peralatan yang digunakan dalam proses produksi, peningkatan dalam kemahiran pekerja dan perbaikan dalam pengurusan perusahaan yang menyebabkan sejumlah faktor produksi yang sama dapat menghasilkan jumlah produksi yang lebih besar.

KURVA KEMUNGKINAN PRODUKSI DAN MASALAH EKONOMI
Suatu kurva yang menggambarkan kombinasi dua barang yang dapat dihasilkan oleh sejumlah faktor- faktor produksi tertentu yang dapat diubah kombinasinya, apabila dimisalkan faktor- faktor produksi tersebutsepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah.

- Memilih barang yang harus diproduksi. a.l. Faktor- faktor produksi sepenuhnya digunakan, Faktor- faktor produksi tetap jumlahnya, Teknologi tidak mengalami perubahan, Hanya dua macam barang produksi, Biaya kesempatan semakin meningkat.
- Masalah Pengangguran
- Masalah Pertumbuha Ekonomi yang tidak teguh

SISTEM- SISTEM PEREKONOMIAN
sistem pasar bebas, sistem ekonomi campuran, dan sistem ekonomi perencanaan pusat.

- Sistem pasar bebas atau laissez- faire. Laissez- faire ( Perancis ) “Biarlah mereka melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka” adl organisasi kegiatan ekonomi suatu masyarakat/ negara di mana penentuan kegiatan ekonomi sepenuhnya ditentukan oleh interaksi di antara produsen dan rumah tangga (konsumen) di pasaran. [!] Apa yang perlu dihasilkan? [!!] Bagaimana cara memproduksi barang yang diminta masyarakat? [!!!] Untuk siapa barang diproduksikan?

- Sistem Ekonomi Campuran. [!] Efek Sistem Pasar Bebas. [!!] Peranan Campur Tangan Pemerintah.

- Sistem Ekonomi Perencanaan Pusat “command economy” adl suatu sistem pengaturan kegiatan ekonomi di mana tanah, unit produksi dan seluruh peralatan produksi dimiliki oleh pemerintah.




Nama : SITI SARIFAH
NPM : 12-0102-0020

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda ! Jangan pura-pura buta !