Saturday, January 12, 2013

MIKRO EKONOMI - OLIGOPOLI

merupakan pasar barang yang terdiri hanya dari beberapa perusahaan yang mempunyai ukuran dan modal yang relatif besar, barang yang dihasilkannya bersifat berbeda corak (seperti produsen mobil) atau barang serupa (seperti perusahaan perminyakan).

Ruang Lingkup :
CIRI- CIRI PASAR OLIGOPOLI
KURVA PERMINTAAN OLIGOPOLI
PEMAKSIMUMAN KEUNTUNGAN DALAM PERUSAHAAN OLIGOPOLI
HAMBATAN- HAMBATAN UNTUK MEMASUKI PASAR OLIGOPOLI
KEBAIKAN DAN KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI

CIRI- CIRI PASAR OLIGOPOLI
  1. Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
  2. Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
  3. Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan


KURVA PERMINTAAN OLIGOPOLI

Ciri perikatan di antara perusahaan- perusahaan
Di dalam pasar oligopoli, penurunan harga dari suatu perusahaan berkecenderungan akan menyebabkan perusahaan- perusahaan lain juga akan melakukan penurunan harga agar mereka tidak kehilangan langganan. Sebagai akibatnya perusahaan yang menaikkan harga akan kehilangan langganan, sedangkan perusahaan lain yang tidak menaikkan harga bertambah banyak langganannya. Dengan demikian tidak ada alasan untuk perusahaan lain tersebut mengubah tingkat harganya.

Kurva permintaan terpatah (kinked demand curve)
Kurva permintaan yang dihadapi suatu perusahaan oligopoli berbentuk kurva bengkok dan menyebabkan tingkat harga sangat rigid/ kaku, karena tindakan setiap perusahaan menurunkan harga akan diikuti oleh perusahaan lain. Selanjutnya, sebagai akibat kurva yang bengkok tersebut keuntungan maksimum cenderung akan dicapai pada tingkat harga yang telah ditentukan walaupun biaya produksi mengalami perubahan.


PEMAKSIMUMAN KEUNTUNGAN DALAM PERUSAHAAN OLIGOPOLI
Di dalam pasar oligopoli di mana perusahaan- perusahaan tidak melakukan persepakatan di antara mereka, tingkat harga adalah bersifat rigid, yaitu bersifat sukar mengalami perubahan. Ia cenderung untuk tetap berada pada tingkat harga yang telah ditetapkan pada permulaannya.



HAMBATAN- HAMBATAN UNTUK MEMASUKI PASAR OLIGOPOLI
Faktor penting yang menyebabkan kesukaran memasuki pasar oligopoli :
  • Skala ekonomi
  • Biaya produksi yang berbeda
  • Keistimewaan hasil produksi


KEBAIKAN DAN KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
Di dalam menilai kebaikan pasar oligopoli tiga aspek dari kegiatan perusahaan- perusahaan dalam pasar oligopoli akan diperhatikan, yaitu :
  • Efisiensi dalan menggunakan sumber- sumber daya
  • Perkembangan Teknologi dan inovasi
  • Keuntungan perusahaan