merupakan pasar
barang yang terdiri hanya dari beberapa perusahaan yang mempunyai
ukuran dan modal yang relatif besar, barang yang dihasilkannya
bersifat berbeda corak (seperti produsen mobil) atau barang serupa
(seperti perusahaan perminyakan).
Ruang Lingkup :CIRI- CIRI PASAR OLIGOPOLIKURVA PERMINTAAN OLIGOPOLIPEMAKSIMUMAN KEUNTUNGAN DALAM PERUSAHAAN OLIGOPOLIHAMBATAN- HAMBATAN UNTUK MEMASUKI PASAR OLIGOPOLIKEBAIKAN DAN KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
CIRI- CIRI PASAR OLIGOPOLI
- Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
- Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tangguh
- Pada umumnya perusahaan oligopoli perlu melakukan promosi secara iklan
KURVA PERMINTAAN OLIGOPOLI
Ciri perikatan di antara perusahaan-
perusahaan
Di dalam pasar oligopoli, penurunan
harga dari suatu perusahaan berkecenderungan akan menyebabkan
perusahaan- perusahaan lain juga akan melakukan penurunan harga agar
mereka tidak kehilangan langganan. Sebagai akibatnya perusahaan yang
menaikkan harga akan kehilangan langganan, sedangkan perusahaan lain
yang tidak menaikkan harga bertambah banyak langganannya. Dengan
demikian tidak ada alasan untuk perusahaan lain tersebut mengubah
tingkat harganya.
Kurva permintaan terpatah (kinked
demand curve)
Kurva permintaan yang dihadapi suatu
perusahaan oligopoli berbentuk kurva bengkok dan menyebabkan tingkat
harga sangat rigid/ kaku, karena tindakan setiap perusahaan
menurunkan harga akan diikuti oleh perusahaan lain. Selanjutnya,
sebagai akibat kurva yang bengkok tersebut keuntungan maksimum
cenderung akan dicapai pada tingkat harga yang telah ditentukan
walaupun biaya produksi mengalami perubahan.
PEMAKSIMUMAN KEUNTUNGAN DALAM
PERUSAHAAN OLIGOPOLI
Di dalam pasar
oligopoli di mana perusahaan- perusahaan tidak melakukan persepakatan
di antara mereka, tingkat harga adalah bersifat rigid, yaitu bersifat
sukar mengalami perubahan. Ia cenderung untuk tetap berada pada
tingkat harga yang telah ditetapkan pada permulaannya.
HAMBATAN- HAMBATAN UNTUK MEMASUKI
PASAR OLIGOPOLI
Faktor penting yang menyebabkan
kesukaran memasuki pasar oligopoli :
- Skala ekonomi
- Biaya produksi yang berbeda
- Keistimewaan hasil produksi
KEBAIKAN DAN KELEMAHAN PASAR
OLIGOPOLI
Di dalam menilai kebaikan pasar
oligopoli tiga aspek dari kegiatan perusahaan- perusahaan dalam pasar
oligopoli akan diperhatikan, yaitu :
- Efisiensi dalan menggunakan sumber- sumber daya
- Perkembangan Teknologi dan inovasi
- Keuntungan perusahaan
Terima kasih sudah bergabung dengan Andi Mendunia!
ReplyDeletethanks back
Delete