Friday, March 22, 2013

Silabus Ilmu Ke-Alaman Dasar


SILABUS MATA KULIAH
Program Studi                   : Ekonomi Manajemen/Akuntansi
Kode Mata Kuliah            : EK 223
Nama Mata Kuliah            : Ilmu Kealaman Dasar
Jumlah SKS                      : 2
Semester                            : II (dua)
Mata Kuliah Pra Syarat     : -

Deskripsi Mata Kuliah         :
Setelah mengikuti kuliah ini, diharapkan para mahasiswa dapat :
a.         Berpikir kreatif, kritis, sistematik, dan ilmiah,
b.        Berwawasan luas, etis, estetis, kepekaan, dan empati sosial,
c.         Bersikap demokratis, berperadapan, dan menjunjung tinggi nilai kemampuan,
d.        Mempunyai wawasan terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup,
e.         Mempunyai wawasan  dan seni,
f.         Dapat ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.

Materi perkuliahan meliputi :
a.         Konsep IAD dalam berkehidupan bermasyarakat.
b.        Alam pikir manusia dan perkembangannya.
c.         Perkembangan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam.
d.        Bumi dan alam semesta.
e.         Keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya.
f.         Makhluk hidup dalam ekosistem alami.
g.        Sumberdaya alam dan lingkungan.
h.        Ilmu pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia.
i.          Beberapa teknologi penting.
j.          Isu lingkungan.


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
1.      Mengidentifikasi latar belakang konsep IAD dalam berkehidupan berma-syarakat.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan latar belakang IAD
2.      Menjelaskan pengertian IAD
3.      Menjelaskan pentingnya IAD dalam berkehi-dupan berma-syarakat.

1.      Mengkaji konsep dan ruang lingkup Ilmu Kealaman Da-sar
2.      Mendiskusikan IAD sebagai bagian kajian berkehidup-an bermasyarakat.

1.    Pengertian  IAD
2.    Pendidikan perlunya IAD
3.     Ruang lingkup IAD

100 menit
LCD, Laptop. Kep Dirjen DIKTI 44/DIKTI/Kep/2006

Portofolio tes essay.
Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
2.      Memahami alam pikir manusia dan per-kembangan-nya.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
1.      Hakekat manusia dan sifat keingintahuan-nya.
2.      Perkembangan fisik,sifat dan pikiran manusia
3.      Sejarah pengetahuan manusia


Mengkaji dan mendiskusikan  alam pikir manusia,perkem-
bangannya dan sejarah pengetahuan manusia.

1.   Presentasi
2.   Telaah Sumber
3.       Pengorganisasian
4.       Pengarahan
5.       Evaluasi
6.       Simpulan sementara
100 menit
LCD, Laptop.
Genetika dan Evolusi 
Portofolio dan tes essay serta tes obyektif










Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
3.      Memahami perkembangan dan pengem-bangan  Ilmu Pengetahu-an Alam
1.      Membedakan metode ilmiah dan non ilmiah.
2.      Memahami metode ilmiah
3.      Memahami metode ilmiah sebagai dasar IPA
4.      Mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan alam
5.      Memahami ruang ling-kup IPA dan dapat mengembangkannya untuk tujuan pemba-ngunan
1.  Mengkaji dan mendiskusikan aspek aspek berfikir ilmiah dan non ilmiah.
2.   Mengkaji komponen Ilmu Pengetahuan Alam.
3.   Mengkaji perkembangan dan pengembangan  IPA
  1. Presentasi
  2. Pengarahan
  3. Telaah sumber
  4. Diskusi

100 menit
LCD,
Suharsimi Arikunto
Portofolio dan tes essay
4.      Memahami Bumi dalam Alam Semesta.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan pembentukan alam semesta.
2.      Menjelaskan tentang tata surya
3.      Menjelaskan bumi sebagai planet.
4.      Menjelaskan  tentang struktur bumi.
5.      Menjelaskan pembentukan benua dan samudra.

Mengkaji dan mendiskusikan alam semesta dan aspek bumi fungsi dan hubungan timbal balik antar aspek penyusun bumi dan alam semesta.
1.    Presentasi
2.    Telaah sumber tentang : teori terbentuknya alam semesta, alam mikro, alam makro,
     alam super makro, litosfer,hidrosfer,atmosfer, pedosfer, & biosfer
3.    Interpretasi dan deliniasi diagram alir/ foto.
4.    Diskusi
100 menit
 LCD, Sumber: IAD UMMalang

Portofolio, Proses, Tes essay dan Obyektif.


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
5.      Memahami keanekara-gaman makhluk hidup dan persebarannya
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.      Mengidentifika-si keanekara-gaman makhluk hidup
2.      Mendeskripsi-kan tentang makhluk hidup.
3.      Menjelaskan asal mula kehi-dupan di bumi.
4.      Menjelaskan  sejarah perkem-bangan makhluk hidup
5.      Mengidentifika-si persebaran makhluk hidup

1.  Mengkaji  keanekaragaman makhluk hidup.
2.  Mengkaji persebaran makhluk hidup di suatu wilayah..
1.    Presentasi
2.    Makhluk hidup dan biota.
3.    Perilaku makhluk hidup
4.    Kelangsungan  peri kehidupan.
5.    Kesejahteraan makhluk hidup




100 menit
LCD, Laptop.

IAD UMS, Muhamad Soejani 
Tes essay dan obyektif.


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
6.      Memahami dan memiliki wawasan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami
Mengkaji dan mendiskusikan tentang populasi dan komunitas makhluk hidup, berbagai bentuk ekosistem alami,
aliran energi dan materi dalam ekosistem alami
dan macam-macam bentuk pola kehidupan
1.      Presentasi
2.      Populasi dan komuni-tas makhluk hidup
3.      Berbagai bentuk eko-sistem alami
4.      Aliran energi dan materi dalam ekosis-tem alami
5.      Macam-macam bentuk pola kehidupan

100
menit
1.      LCD, laptop, whiteboard
2.      Saragih S. Dkk., 2007, Kerangka Penghidupan Berkelanjutan.
3.      Indeks Biologi dan Pertanian Indonesia, 2002, Departemen Pertanian.
Portofolio dan tes essay


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
7.      Memahami dan memi-liki wawasan tentang sumberda-ya alam dan lingku-ngan
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang sumberdaya alam dan ling-kungan
Mengkaji dan men-diskusikan tentang klasifikasi sumber-daya alam dan ling-kungan hidup, kon-sep-konsep pengelo-laan sumberdaya a-lam, masalah kepen-dudukan dan ling-kungan hidup serta prinsip dan usaha pelestarian sumberda-ya alam dan lingku-ngan hidup.
1.      Presentasi
2.      Klasifikasi sumberda-ya alam dan lingkung-an hidup,
3.      Konsep-konsep penge-lolaan sumberdaya a-lam,
4.      Masalah kependuduk-an dan lingkungan hidup serta
5.      Prinsip dan usaha pelestarian  sumber-daya alam dan lingku-ngan hidup.
200 menit
1.      LCD, laptop, & whiteboard
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
3.      Pendidikan Lingkungan, 2006, Kementerian Lingkungan Hidup.
Portofolio dan tes essay
8.      Memahami dan memi-liki wawas-an tentang ilmu penge-tahuan a-lam dan tek-nologi bagi kehi-dupan manusia
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang ilmu pengetahuan alam dan tek-nologi bagi kehidupan manusia
Mengkaji dan men-diskusikan tentang IPA sebagai dasar pengembangan tekno-logi, sejarah peradab-an manusia dan perkembangan tek-nologi, manfaat, dan dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia, IPA dan teknologi masa depan
1.      Presentasi
2.      IPA sebagai dasar pengembangan tekno-logi,
3.      Sejarah peradaban manusia dan perkembangan tekno-logi,
4.      Manfaat dan dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia,
5.      IPA dan teknologi masa depan
100 menit
1.      LCD, laptop, & whiteboard
2.      Departemen Kesehatan RI, 2008, Panduan Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran 2009,
3.      Jasin M., 2000, Ilmu Alamiah Dasar.

Portofolio dan tes essay

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
9.      Memahami dan memiliki wawasan tentang beberapa perkembangan teknologi penting
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang beberapa perkemba-ngan teknologi penting
Mengkaji dan mendiskusikan ten-tang bioteknologi, teknologi informasi dan teknologi kearif-an lokal.
1.      Presentasi
2.      Bioteknologi
3.      Teknologi informasi
4.      Teknologi kearifan lokal.
200 menit
1.      LCD, laptop, & whiteboard
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
3.      Abdurrahman, 2003, Pembangunan Berkelanjutan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia
4.       Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya
5.      Mendel T., 2004, Kesempatan memperoleh informasi
Portofolio dan tes essay
10.  Memahami dan memiliki wawasan tentang isu lingkungan.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang isu lingkungan.
Mengkaji dan mendiskusikan tentang isu lingkungan global, isu lingkungan nasional, isu lingkungan lokal dan studi kasus
1.      Isu lingkungan global
2.      Isu lingkungan nasional
3.      Isu lingkungan lokal
4.      Studi kasus
300 menit
1.     Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
2.     Absori, 2006 Model Penyelesaian Sengketa Lingkungan Melalui Pengadilan Dengan Pendekatan Partisipatif
3.     Jasin M., 2000, Ilmu Alamiah Dasar.
4.     UNDP, 2007, Sisi lain perubahan iklim
Portofolio dan tes essay







Evaluasi          : 
  1. Setiap akan dimulai perkuliahan, setiap kelompok mahasiswa mempresentasikan bahan perkuliahan yang akan disampaikan. 
  2. Satu kelas dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok diundi untuk memperoleh materi yang akan dipresentasikan. 
  3. Presentasi dilakukan maksimal 15 menit, yang isinya memberikan gambaran sekilas tentang materi yang akan dibahas dalam perkuliahan. 
  4. Penyampaian presentasi dibuat dalam bentuk power point dan dipresentasikan dengan menggunakan LCD.


TTS                 : 30%
TAS                 : 45%
Tugas               : 20%
Presensi           :   5%
Penilaian        :
A                     :
B                     :
C                     :
D                     :
E                      :


Acuan
  1. Keputusan Dirjend Dikti No : 44/Dikti/Kep/2006 
  2. Genetika dan Evolusi
  3.  Suharsimi Arikunto
  4.  IAD UMMalang
  5.  IAD UMS
  6.  Saragih, 2007, Kerangka Penghidupan Berkelanjutan
  7.  Indeks Biologi dan Pertanian, 2002, Departemen Pertanian
  8.  Maskoeri Jasin. 1990. Ilmu Alamiah Dasar. Rajawali Press, Jakarta.
  9.  Departemen Kesehatan RI, 2008, Panduan Riset, Pembinaan Iptek Kedokteran
  10.  UU RI No : 17 tahun 2007, RPJP Nasional 2005-2025
  11.  Abdurrahman, 2003, Pembangunan Berkelanjutan dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia
  12.  UU RI No : 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya
  13.  Mendel T, 2004, Kesempatan Memperoleh Informasi
  14.  Absori, 2005, Model Sengketa Lingkungan Melalui Pengadilan dengan Pendekatan Partisipatif
  15.  UNDP, 2007, Sisi Lain Perubahan Iklim

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda ! Jangan pura-pura buta !