SILABUS MATA KULIAH
Program Studi : Ekonomi Manajemen/Akuntansi
Kode Mata Kuliah : EK 223
Nama Mata Kuliah : Ilmu Kealaman Dasar
Jumlah SKS : 2
Semester : II (dua)
Mata Kuliah Pra
Syarat : -
Deskripsi Mata Kuliah :
Setelah mengikuti kuliah ini, diharapkan
para mahasiswa dapat :
a.
Berpikir
kreatif, kritis, sistematik, dan ilmiah,
b.
Berwawasan
luas, etis, estetis, kepekaan, dan empati sosial,
c.
Bersikap
demokratis, berperadapan, dan menjunjung tinggi nilai kemampuan,
d.
Mempunyai
wawasan terhadap pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup,
e.
Mempunyai
wawasan dan seni,
f.
Dapat
ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah lingkungan hidup secara arif.
Materi perkuliahan meliputi :
a.
Konsep
IAD dalam berkehidupan bermasyarakat.
b.
Alam
pikir manusia dan perkembangannya.
c.
Perkembangan
dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Alam.
d.
Bumi
dan alam semesta.
e.
Keanekaragaman
makhluk hidup dan persebarannya.
f.
Makhluk
hidup dalam ekosistem alami.
g.
Sumberdaya
alam dan lingkungan.
h.
Ilmu
pengetahuan alam dan teknologi bagi kehidupan manusia.
i.
Beberapa
teknologi penting.
j.
Isu
lingkungan.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
||
1. Mengidentifikasi latar belakang konsep
IAD dalam berkehidupan berma-syarakat.
|
Setelah mengikuti
perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan latar belakang IAD
2.
Menjelaskan pengertian IAD
3. Menjelaskan pentingnya IAD dalam berkehi-dupan berma-syarakat.
|
1.
Mengkaji
konsep dan ruang lingkup Ilmu Kealaman Da-sar
2.
Mendiskusikan
IAD sebagai bagian kajian berkehidup-an bermasyarakat.
|
1. Pengertian IAD
2. Pendidikan
perlunya IAD
3. Ruang
lingkup IAD
|
100 menit
|
LCD, Laptop.
Kep Dirjen DIKTI 44/DIKTI/Kep/2006
|
Portofolio tes essay.
|
||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
||
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan :
1. Hakekat manusia dan sifat keingintahuan-nya.
2. Perkembangan fisik,sifat dan pikiran
manusia
3. Sejarah pengetahuan manusia
|
Mengkaji dan mendiskusikan alam
pikir manusia,perkem-
bangannya dan sejarah pengetahuan manusia.
|
1. Presentasi
2. Telaah Sumber
3. Pengorganisasian
4. Pengarahan
5. Evaluasi
6. Simpulan sementara
|
100 menit
|
LCD, Laptop.
Genetika dan
Evolusi
|
Portofolio dan tes essay serta tes obyektif
|
|||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
1. Membedakan metode ilmiah dan non ilmiah.
2.
Memahami metode ilmiah
3. Memahami metode ilmiah sebagai
dasar IPA
4.
Mengkaji perkembangan ilmu pengetahuan alam
5.
Memahami ruang ling-kup IPA dan dapat mengembangkannya untuk
tujuan pemba-ngunan
|
1.
Mengkaji
dan mendiskusikan aspek aspek berfikir ilmiah dan non ilmiah.
2.
Mengkaji komponen Ilmu Pengetahuan Alam.
3.
Mengkaji perkembangan dan pengembangan IPA
|
|
100 menit
|
LCD,
Suharsimi Arikunto
|
Portofolio dan tes essay
|
|
4. Memahami Bumi dalam Alam Semesta.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan pembentukan alam semesta.
2.
Menjelaskan tentang tata surya
3. Menjelaskan bumi sebagai planet.
4.
Menjelaskan
tentang struktur bumi.
5. Menjelaskan pembentukan benua dan samudra.
|
Mengkaji dan mendiskusikan alam semesta dan aspek bumi fungsi dan
hubungan timbal balik antar aspek penyusun bumi dan alam semesta.
|
1. Presentasi
2. Telaah sumber tentang : teori terbentuknya
alam semesta, alam mikro, alam makro,
alam super makro, litosfer,hidrosfer,atmosfer, pedosfer, & biosfer
3. Interpretasi dan deliniasi diagram alir/
foto.
4. Diskusi
|
100 menit
|
LCD, Sumber: IAD UMMalang
|
Portofolio, Proses, Tes essay dan Obyektif.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
5.
Memahami
keanekara-gaman makhluk hidup dan persebarannya
|
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Mengidentifika-si keanekara-gaman
makhluk hidup
2. Mendeskripsi-kan tentang makhluk hidup.
3. Menjelaskan asal mula kehi-dupan di
bumi.
4.
Menjelaskan sejarah perkem-bangan makhluk hidup
5.
Mengidentifika-si
persebaran makhluk hidup
|
1. Mengkaji
keanekaragaman makhluk hidup.
2. Mengkaji persebaran makhluk hidup di suatu
wilayah..
|
1. Presentasi
2. Makhluk hidup dan biota.
3. Perilaku makhluk hidup
4. Kelangsungan peri kehidupan.
5. Kesejahteraan makhluk hidup
|
100 menit
|
LCD, Laptop.
IAD UMS, Muhamad
Soejani
|
Tes essay dan obyektif.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
6.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang makhluk hidup dalam ekosistem alami
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang
makhluk hidup dalam ekosistem alami
|
Mengkaji dan mendiskusikan
tentang populasi dan komunitas makhluk hidup, berbagai bentuk ekosistem
alami,
aliran energi dan materi
dalam ekosistem alami
dan macam-macam bentuk pola kehidupan
|
1.
Presentasi
2.
Populasi
dan komuni-tas makhluk hidup
3.
Berbagai
bentuk eko-sistem alami
4.
Aliran
energi dan materi dalam ekosis-tem alami
5.
Macam-macam bentuk pola kehidupan
|
100
menit
|
1. LCD, laptop, whiteboard
2. Saragih
S. Dkk., 2007, Kerangka
Penghidupan Berkelanjutan.
3.
Indeks
Biologi dan Pertanian Indonesia, 2002, Departemen Pertanian.
|
Portofolio dan tes essay
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
7.
Memahami
dan memi-liki wawasan tentang sumberda-ya alam dan lingku-ngan
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang sumberdaya alam dan ling-kungan
|
Mengkaji dan men-diskusikan tentang klasifikasi sumber-daya alam dan ling-kungan hidup, kon-sep-konsep pengelo-laan sumberdaya a-lam, masalah kepen-dudukan dan ling-kungan hidup serta prinsip dan usaha pelestarian sumberda-ya alam dan lingku-ngan hidup.
|
1.
Presentasi
2.
Klasifikasi
sumberda-ya alam dan lingkung-an hidup,
3.
Konsep-konsep
penge-lolaan sumberdaya a-lam,
4.
Masalah
kependuduk-an dan lingkungan hidup serta
5.
Prinsip
dan usaha pelestarian sumber-daya alam dan lingku-ngan hidup.
|
200 menit
|
1. LCD, laptop, & whiteboard
2.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17
Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 –
2025
3.
Pendidikan
Lingkungan, 2006, Kementerian Lingkungan Hidup.
|
Portofolio dan tes essay
|
8.
Memahami
dan memi-liki wawas-an tentang ilmu penge-tahuan a-lam dan tek-nologi bagi kehi-dupan manusia
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat
menjelaskan tentang ilmu pengetahuan alam dan tek-nologi bagi kehidupan manusia
|
Mengkaji dan men-diskusikan tentang IPA sebagai dasar pengembangan tekno-logi, sejarah peradab-an manusia dan perkembangan tek-nologi, manfaat, dan dampak IPA dan teknologi terhadap
kehidupan manusia, IPA dan teknologi masa depan
|
1.
Presentasi
2.
IPA
sebagai dasar pengembangan tekno-logi,
3.
Sejarah
peradaban manusia dan perkembangan tekno-logi,
4.
Manfaat
dan dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia,
5.
IPA
dan teknologi masa depan
|
100 menit
|
1. LCD, laptop, & whiteboard
2.
Departemen
Kesehatan RI, 2008, Panduan Riset Pembinaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran 2009,
3.
Jasin
M., 2000, Ilmu Alamiah Dasar.
|
Portofolio dan tes essay
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Pembelajaran
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber Belajar
|
Penilaian
|
9.
Memahami
dan memiliki wawasan tentang beberapa perkembangan teknologi penting
|
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa dapat
menjelaskan tentang beberapa perkemba-ngan teknologi penting
|
Mengkaji dan mendiskusikan ten-tang bioteknologi, teknologi informasi dan
teknologi kearif-an lokal.
|
1.
Presentasi
2.
Bioteknologi
3.
Teknologi
informasi
4.
Teknologi
kearifan lokal.
|
200 menit
|
1.
LCD, laptop, & whiteboard
2.
Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka
Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
3.
Abdurrahman, 2003,
Pembangunan Berkelanjutan Dalam Pengelolaan
Sumber Daya Alam Indonesia
4.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya
Alam Hayati Dan Ekosistemnya
5.
Mendel T., 2004, Kesempatan memperoleh informasi
|
Portofolio dan tes essay
|
10.
Memahami dan memiliki wawasan tentang isu lingkungan.
|
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa dapat
menjelaskan tentang isu lingkungan.
|
Mengkaji dan mendiskusikan tentang
isu lingkungan global, isu lingkungan nasional, isu lingkungan lokal dan
studi kasus
|
1.
Isu lingkungan global
2.
Isu lingkungan nasional
3.
Isu lingkungan lokal
4.
Studi kasus
|
300 menit
|
1.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2007
Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025
2.
Absori, 2006 Model Penyelesaian Sengketa
Lingkungan Melalui Pengadilan Dengan Pendekatan
Partisipatif
3.
Jasin M., 2000, Ilmu Alamiah Dasar.
4.
UNDP, 2007, Sisi
lain perubahan iklim
|
Portofolio dan tes essay
|
Evaluasi :
- Setiap akan dimulai perkuliahan, setiap kelompok mahasiswa mempresentasikan bahan perkuliahan yang akan disampaikan.
- Satu kelas dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok diundi untuk memperoleh materi yang akan dipresentasikan.
- Presentasi dilakukan maksimal 15 menit, yang isinya memberikan gambaran sekilas tentang materi yang akan dibahas dalam perkuliahan.
- Penyampaian presentasi dibuat dalam bentuk power point dan dipresentasikan dengan menggunakan LCD.
TTS : 30%
TAS : 45%
Tugas : 20%
Presensi : 5%
Penilaian :
A :
B :
C :
D :
E :
Acuan
- Keputusan Dirjend Dikti No : 44/Dikti/Kep/2006
- Genetika dan Evolusi
- Suharsimi Arikunto
- IAD UMMalang
- IAD UMS
- Saragih, 2007, Kerangka Penghidupan Berkelanjutan
- Indeks Biologi dan Pertanian, 2002, Departemen Pertanian
- Maskoeri Jasin. 1990. Ilmu Alamiah Dasar. Rajawali Press, Jakarta.
- Departemen Kesehatan RI, 2008, Panduan Riset, Pembinaan Iptek Kedokteran
- UU RI No : 17 tahun 2007, RPJP Nasional 2005-2025
- Abdurrahman, 2003, Pembangunan Berkelanjutan dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam Indonesia
- UU RI No : 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya
- Mendel T, 2004, Kesempatan Memperoleh Informasi
- Absori, 2005, Model Sengketa Lingkungan Melalui Pengadilan dengan Pendekatan Partisipatif
- UNDP, 2007, Sisi Lain Perubahan Iklim
No comments:
Post a Comment
Silakan tinggalkan komentar anda ! Jangan pura-pura buta !