SILABUS MATA
KULIAH
Mata
Kuliah : Akuntansi Biaya
Kode :
EKA 331
SKS
: 3 SKS
Semester/TA
:
III, TA 2013/2014
Prasyarat :
PengantarAkuntansi II
Dosen :
M. Al Amin, SE, M.Si
:
Siti Noor Khikmah, SE, M.Si
Deskripsi Mata
Kuliah
Pembelajaran Akuntansi Biaya memfokuskan pada peningkatan pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam penetapan biaya-biaya yang berkaitan dengan kegiatan operasional yang dilaksanakan oleh berbagai entitas usaha. Adapun ruang lingkup materi ini meliputi bagaimana menetapkan Harga Pokok Produksi dan pengendalian biaya. Membahas metode pengumpulan biaya produksi bahan baku,
tenaga kerja, dan overhead pabrik untuk menentukan harga pokok pesanan dan harga
pokok proses. Mata kuliah ini juga membahas pengukuran dan ketetapan standar berikut
analisa selisih bilamana dalam pelaksanaan nya tidak sesuai dengan ekspektasi.
Kompetensi
Meningkatkan kemampuan
mahasiswa berkaitan dengan pemahaman berbagai konsep dan alat dalam Akuntansi Biaya
berikut keterampilan dalam mencari berbagai solusi melalui teknik perhitungan harga
pokok dan penyajian informasi biaya untuk kepentingan perencanaan dan pengendalian
biaya bagi pemakai informasi untuk kepentingan perencanaan taktis maupun strategis.
Tujuan yang berkaitandenganpengembangankepribadian (soft-skill)
adalah:
Deskripsi
|
|
Pengembanganketerampilanteknis
|
Ada
|
Pengembanganketerampilananalitikal
|
-
|
Pengembanganketerampilanpenetapantujuan
(goal setting)
|
Ada
|
Pengembanganketerampilanmengelolawaktu
|
Ada
|
Pengembanganketerampilanpresentasi
(public speaking)
|
Ada
|
Pengembanganketerampilankerjasamakelompok
|
Ada
|
Pengembangankepercayaandiri
|
Ada
|
Pengembanganketerampilanmemecahkanmasalah
|
Ada
|
PengembanganketerampilanBahasaInggris
|
Ada
|
MetodePengajaran
Proses transformasi pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan kinerja mahasiswa dilakukan melalui bauran proses TCL (Teaching Centre Learning) dan SCL (Student Centre Learning). TCL dilaksanakan oleh setiap dosen dengan cara kuliah tatap muka dimana setiap materi perkuliahan telah dipersiapkan terlebih dahulu dalam berbagai
media yang memudahkan diterima oleh mahasiswa terutama dalam melakukan proses sintesa maupun pemahaman kognitif.
Proses SCL dilakukan oleh setiap mahasiswa dimana mereka harus mencari sumber-sumber referensi dan mempelajarinya sebelum masuk kedalam kuliah tatap muka dengan cara memanfaatkan berbagai media eletronik maupun kepustakaan
yang ada di perpustakaan maupuan dari saranalainnya. Disamping itu pula mahasiswa menyusun
reading assignment maupun melakukan problem
solving atas berbagai kasus yang telahditetapkanolehdosendankemudiandidiskusikan
secara kelompok dan dipresentasikandi dalam kelas. Partisipasi aktif mahasiswa diharapkan
cukup intens dan responsive serta toleran terhadap sesama mahasiswa yang mengerjakan
soal kasus melalui diskusi maupun argumentasi yang sistematis dan konstruktif.
Evaluasi Hasil Pembelajaran
1. UTS 25%
2. UAS 25%
3. Tugas 20%
4. Partisipasi aktif 30%
MetodePembelajaran
A Pengerjaan Kasus Soal
B Kuliah Tatap Muka
C Diskusi Kelas
D Proyek/Tugas Kelompok
E Pembelajaran kerjasama
(cooperative learning)
Materi
Pertemuanke
|
Topik
|
Materi
|
BukuReferensi
|
Metodepembe lajaran
|
1&2
|
Pendahuluan ,
Pengertian Akuntansi
Biaya
|
v Kontrak Belajar
v Ruang Lingkup dan Tujuan Akbi
v Peran Akuntan Biaya dalam Impelementasi Strategies
|
1,2,3,4
|
B,C
|
3
|
Konsep Biaya dan Sistem Akbi
|
v Pengertian Biaya
v Biaya VS Beban
v Klasifikasi Biaya
v Perilaku Biaya
v Sistem Akuntansi Biaya
|
1,2,3,4
|
B,C, D,E
|
4
|
Akuntansi Biaya Bahan Baku
|
v Konsep biaya bahanbaku
v Sistem pengadaan bahan baku
v Sistem pemakaian bahan baku
v Studi kasus
|
1,3,4
|
A,B,C,D, E
|
4
|
Akuntansi Biaya Tenaga Kerja
|
v Konsep biaya tenaga kerja
v Sistem Penggajian dan pengupahan
v Studi kasus
|
1,3,4
|
A,B,C,D,E,
|
5
|
Akuntansi Biaya
Overhead
Pabrik
|
v Konsep biaya overhead pabrik
v Penentuan tarif
BOP
v Pembebanan BOP
v Selisih BOP
v Studikasus
|
1,2,3,4
|
A,B,C,D,E,
|
6
|
Departementalisasi
BOP
|
v Konsepdepartementalisasi
v Direct method
v Step Method
v Algebraic
Method
v Studikasus
|
1,2,3,4
|
A,B,C,D,E,
|
7
|
Activity Based
Costing
|
v Konsep ABC (kaitannyadenganpembebananBOP)
v Konsep
activity, analisisactivity danhirarcyactivity
v Konsep cost
driver danpemilihan cost driver
v Pembebanan BOP
v Studikasus
|
1,2,3,4
|
A,B,C,D,E
|
8
|
Ujian Tengah Semester
|
Semua
|
|
TertulisdanMandiri
|
9
|
Job Order Costing
|
v Pengumpulan biaya produksi
v Karakteristik
job order costing
v Penghitungan harga pokok produksi
v Penyusunan laporan harga pokok produksi
v Studi kasus
|
1,2,3,4
|
A,B,C,D,E,
|
10 & 11
|
Process
Costing
|
v Karakteristik process costing
v Penghitungan harga pokok produksi
(average dan FIFO)
v Penyusunan laporan harga pokok produksi (average
dan FIFO)
v Studi kasus
|
1,2,3,4
|
A,B,C,D,E
|
12
|
Accounting for
Spoilage,
Scrap and
Rework
|
v Jenis-jenis kegagalan produksi
v Metode process
costing untuk
spoilage, scrap dan rework
|
1,3,4
|
A,B,C,D,E
|
13
|
Joint Costing
|
v Konsep Joint
Cost
v Penghitungan hargapokokproduksi
(joint
v Product dan by
product)
v Penyusunan laporanhargapokokproduksi (joint
Product dan byproduct)
v Studikasus
|
1,2,3,4
|
A, B, C, D,E,
|
14
|
Standard
Costing
|
v Konsep standar
costing
v Standar biaya bahan baku
v Standar biaya tenaga kerja
v Standar biaya
overhead pabrik
|
1,2,3,4
|
A, B, C, D,E
|
15
|
Full Costing
and
Variable
Costing
|
v Konsep full
costing dan variable
costing dalam akumulasi harga pokok
v Penyusunan laporan laba rugi berbasis
full costing dan
variable costing
|
1,2,3,4
|
A, B, C, D,E,
|
16
|
Ujian Akhir
Semester
|
Semua
|
|
Tertulis dan Mandiri
|
SumberBacaan
1.
William
K., Carter & Milton F. Usry, Cost Accounting: Planning and Control,
edisi14thedition, South-Western Publishing, 2009.
2.
Horngren,
Charles T., Foster &Datar, Cost Accounting: A Managerial Emphasis,
13thedition, Prentice Hall Inc., 2009.
3.
Mulyadi,Akuntansi
Biaya Penerbit STIE YKPN.
4.
Daljono,
”Akuntansi Biaya Edisi 2”. Penerbit Undip
Semarang.
Peraturan
Untuk menunjang
kelancaran perkuliahan dan kesuksesan pembelajaran, maka mahasiswa dituntut untuk mengikuti
ketentuan- ketentuan berikut ini ;
1. Mahasiswa
harus berpakaian yang rapi dan sopan dan tidak boleh mengganggu konsentrasi orang
lain di dalam kelas dengan bersepatu, tidak memkai kaos oblong, dan bagi perempuan
tidak boleh pakai baju mini dan ketat (celana jeans ketat) sesuai kode etik FE serta anting dan kalung bagi laki-laki).
2. Keterlambatan
ditoleransi maksimal 10 menit.
3. HP
boleh aktif tapi digetarkan/ silent.Telepon boleh diterima di kelas
jika dalam keadaan darurat. SMS (darurat) boleh dibalas hanya satu kali untuk memberitahukan
lawan SMS tentang situasi dan kondisi dan selain itu tidak boleh main sms di
kelas
4. Ujian
susulan diberikan hanya kepada mahasiswa yang benar-benar berhalangan dengan alasan
yang dapat dipertanggung jawabkan.
5. Proses
ujian susulan dilaksanakan paling lambat 2 minggu setelah ujian semesteran berlangsung
secara serentak dan sepenuhnya diserahkan kepadake bijakan dosen bersangkutan dengan
rekomendasi Wadek dan KaProgdi.
6. Presensi
minimal 75% dari total. Kegagalan untuk memenuhi kuota presensi otomatis akan mendapatkan
nilai E (Akademik). Toleransi hanya diberikan untuk ijin sakit (surat dari dokter)
dan urusan keluarga terdekat.
7. Semua
mahasiswa harus sudah pernah berperan
aktif
di dalam kelas.
8. Kegagalan
untuk memenuhi peraturan ini berakibat penurunan nilai satu tingkat.
Plagiarisme
Plagiarismeadalahmemasukkan
kata-kata/kalimat/ide orang lainsebagianatauseluruhnyatanpamenyebutkansumbernya.
Jikamahasiswamemasukkan kata-kata/kalimatdaripenulislain,
harusdisebutkansumbernya.Plagiarismetermasukjugamenyalin (mengkopi)
sebagianatauseluruhpekerjaanmahasiswa lain ataumenyalin (mengkopi) daribuku, jurnal,
web, majalah,korandan lain-lain.
Plagiarismejugamencakuppoto-plagiarismeyaitumemasukkan
kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasaldaritugas/makalah yang
telahdikumpulkanuntukpenilaiandengantanpamenyebutkansumbernya
Sesuaidenganaturantatatertibdankodeetikkemahasiswaanseperti
yang tercantum di BukuPedoman FE UMMagelang, mahasiswadilarangmelakukan
plagiarism danakandikenakansanksi
Bagi mahasiswa
yang mendapatkan tugas membuat makalah/ paper, harus menyertakan Statement
of Authorship berikutini di halaman depan makalah /papernya.
Statement of Authorship
“Saya/kami
yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah
murni hasil pekerjaan saya/ kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang
saya/ kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.
Materi ini tidak/
belum pernah disajikan/ digunakan sebagai bahan untuk makalah/ tugas pada mata ajaran
lain kecuali saya/ kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/ kami
menggunakannya.
Saya/ kami memahami bahwa tugas yang saya/ kami kumpulkan ini dapat diperbanyak
dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.”
Nama :
NPM
:
Tanda
tangan :
Mata
Ajaran :
Judul
Makalah/ Tugas :
Tanggal :
Dosen :
(Dibuat oleh seluruh anggota kelompok)
No comments:
Post a Comment
Silakan tinggalkan komentar anda ! Jangan pura-pura buta !