Wednesday, May 22, 2013

Komunikasi Bisnis - Komponen Komunikasi


Komponen Komunikasi
Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik, komponen-komponen komunikasi meliputi:
1.    Pengirim(Sender=Sumber)
adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.
2.    Pengkodean (Encoding)
adalah pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
3.    Pesan (Massage)
pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.
4.    Saluran (Chanel)
adalah cara mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.
5.    Penerima (Recaiver)
adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi.
6.    Penafsiran kode (Decoding)
 adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.
7.    Umpan balik (Feedback)
 adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi pengirim dinyatakan.
ü  Aspek Komponen Komunikan
Seseorang dapat dan akan menerima pesan apabila  dalam kondisi sebagai berikut:
Pesan komunikasi benar-benar dimengerti oleh penerima pesan.
Pengambilan keputusan dilakukan secara sadar untuk mencapai tujuan.
Pengambilan keputusan dilakukan secara sadar untuk kepentingan pribadinya.
Mampu menempatkan baik secara mental atau fisik.
Mempunyai sifat terbuka dan memiliki pengetahuan yang cukup
ü  Aspek Komponen komunikator
Komunikasi dapat berjalan efektif bila ada :
      Kepercayaaan dalam diri komunikator (self credibility)
      Memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang cukup melalui komunikasi
      Memilih media yang tepat
      Menguasai isi pesan, media, dan lingkungan yang mendukung
      Menyampaikan isi pesan dengan jelas
      Meminta respon
ü  Aspek Komponen Pesan
·      Pesan dapat berupa nasehat, bimbingan, dorongan, informasi dan lain-lain.
·      Pesan dapat disampaikan lisan maupun non verbal.
ü  Aspek komponen Umpan Balik
Umpan balik adalah informasi yang dikirimkan balik ke sumbernya, demi keefektifan proses umpan balik harus memperhatikan :
·      Kepekaan dan keterbukaan antar komunikator dan komunikan
·      Bertanggung jawab atas jalannya proses umpan balik sesuai aturan yang disepakati


Sumber : Buku Komunikasi Bisnis, Oleh Djoko Purwanto, M.B.A, Penerbit Erlangga, cetakan tahun 2006

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda ! Jangan pura-pura buta !